3 Cara Menghindari Informasi Berbau Gossip Journalism

22.55 Maya Alter 0 Comments

Ping 4 Free - Kecepatan update sebuah berita online merupakan sisi kelebihan yang sekaligus bisa menjadi sisi kelemahan. Anda mungkin bisa sedikit merasakan kekurangakuratan sebuah berita online karena harus update tiap hari. Lantas, selain dari berita Lampung hari ini, bagaimana menghindari informasi berbau gossip journalism dari sebuah portal berita online? Intip 3 cara terbaiknya.

Gossip Journalism
Ilustrasi
1. Ada Media Cetak
Sebuah portal berita online bisa menghindari sajian berita berbau gossip journalism (berita yang belum bisa dipastikan kebenarannya) apabila memiliki afiliasi dengan media cetak atau elektronik (misalnya TV).

Berita yang dicetak dan disiarkan di TV tentu memiliki tingkat keakuratan yang sudah dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya daripada yang lainnya. Jadi, meski menyediakan berita update setiap jam, sebuah portal berita online menyediakan berita hasil salinan atau lansiran langsung dari media cetak/elektroniknya.

Hanya saja, jika melihat perkembangan update beritanya, berita online jauh lebih cepat daripada cetak. Oleh karena itu, pilih berita online yang mengikuti perkembangan berita TV, yang pencarian dan penyajian beritanya dilakukan oleh jurnalis-jurnalis yang ahli di bidangnya.

2. Disiarkan di Media Lainnya
Seperti halnya cara pertama, kita bisa menghindari informasi berita online berbau gossip journalism jika mencari tahu informasi yang sama dari sumber berita lainnya. Misalnya, mencari tahu dari berita di radio, TV, atau portal berita online lainnya yang terpercaya. 

Jika yang diberitakan sama persis, maka informasi dalam berita online sudah dipastikan benar adanya. Berita Lampung hari ini bisa dijadikan referensi untuk memperoleh informasi berita harian yang terpercaya sekaligus akurat.

3. Tidak Ada Bayaran
Bukan hal yang jarang jika seorang narasumber meminta bayaran dari jurnalis yang meliput wawancara dengannya, atau sebaliknya. Hal ini sangat tidak dianjurkan, karena selain melanggar kode etik jurnalis, bisa mengarah pada tindak pidana.

Selain itu, narasumber yang diwawancara juga tidak boleh hanya satu orang, terutama ketika membahas sebuah permasalahan yang memicu pro dan kontra. Jika bersikeras hanya memilih satu sample, maka informasi yang disjikan bisa berubah menjadi berita opini, alih-alih informasi.

Informasi terkini namun akurat bisa Anda peroleh dari berita Lampung hari ini. Setiap harinya, Anda akan memperoleh informasi non-gossip journalism yang bisa dijadikan referensi belajar atau sekadar pengetahuan saja.

0 komentar: